Apa itu SERP? Cara Kerja Search Engine Results Pages

Internet adalah sumber konten, dan mesin pencari membantu memastikan konten terbaik muncul di urutan teratas. Hanya sedikit orang yang melewati halaman pertama hasil mesin pencari, dan sebagian besar lalu lintas pencarian mengarah ke situs yang berperingkat di paruh atas halaman. Untuk menarik pengunjung ke situs web Anda, Anda harus mengamankan posisi teratas, dan untuk melakukannya, memahami anatomi halaman hasil mesin pencari (SERP) akan sangat membantu.

Apa itu halaman hasil mesin pencari (SERP = Search Engine Results Pages)?

Ketika seseorang memasukkan kueri ke dalam mesin pencari, daftar hasilnya muncul di halaman hasil mesin pencari, atau SERP. Merek dan pembuat konten menggunakan pengoptimalan mesin pencari (SEO) untuk meningkatkan konten mereka dan meningkatkan kemungkinan peringkat di bagian atas SERP. Selain hasil tautan, mesin pencari terus menambahkan fitur baru ke SERPS, termasuk elemen seperti panel kaya informasi dan iklan berbayar. Bergantung pada istilah pencarian, halaman hasil mungkin berisi link, video, produk, dan cuplikan unggulan lainnya.

Elemen SERP
Mesin pencari bertujuan untuk memberikan konten yang relevan dan informatif kepada pengguna web. Untuk melakukan hal ini, mereka menyertakan berbagai fitur pencarian yang menampilkan berbagai jenis media.

Berikut ini adalah semua jenis hasil umum yang mungkin Anda temukan ditampilkan di SERP:

Iklan
Hasil berbayar muncul di bagian atas SERP. Misalnya, iklan Google muncul di bagian atas dengan tag Sponsor yang dicetak tebal untuk membedakannya dari listingan organik. Mesin pencari lainnya, seperti Bing, mungkin menggunakan tag Iklan atau menampilkan hasil berbayar dalam sebuah kotak. Untuk kata kunci yang kompetitif, iklan terkadang mencapai empat hasil teratas pada halaman. Iklan tambahan mungkin ditampilkan di bagian bawah halaman dan juga dapat muncul di tumpukan peta.

Pertanyaan umum
Hasil pencarian Google menampilkan pertanyaan terkait pertanyaan pengguna di bagian “Orang juga bertanya”. Google mengambil teks dari artikel yang relevan, dan pengguna dapat membaca ringkasan jawaban tanpa meninggalkan halaman hasil pencarian.

Video Terkait
Mesin pencari mengembalikan hasil video beserta tautannya. Video lebih mungkin muncul di hasil pencarian jika disematkan pada halaman web dan menyertakan kata kunci dalam judul video.

Hasil belanja
Untuk kueri terkait barang konsumsi, mesin pencari sering kali menampilkan iklan belanja di bagian atas halaman. Hasil pencarian berbayar ini mencakup gambar produk, harganya, dan nama pengecer. Mengklik iklan belanja akan membawa pengguna langsung ke halaman pembelian.

Hasil organik
Hasil penelusuran organik dapat menyertakan tautan, video, atau gambar. Konten ini berhasil masuk ke SERP berdasarkan otoritas halaman yang kuat, penggunaan kata kunci yang tepat, dan respons pengguna yang positif.

Rich Snippets
Beberapa halaman hasil mesin pencari menambahkan rich snippets, yang merupakan kutipan informasi yang mungkin diambil dari sumber seperti Wikipedia. Fitur SERP umum ini memberi pengguna konteks tambahan sebelum mereka mengeklik tautan. Cuplikan kaya juga sering menyoroti konten petunjuk, resep, dan ulasan.

Hasil gambar
Kumpulan gambar yang muncul di SERP disebut paket gambar. Algoritme penelusuran menggunakan teks alternatif gambar—deskripsi tertulis tentang gambar yang diindeks oleh mesin telusur dan dibacakan oleh pembaca layar untuk tunanetra—serta nama file gambar untuk mengidentifikasi gambar yang relevan.

Grafik pengetahuan
Panel pengetahuan adalah fitur SERP Google yang menampilkan infografis, bagan, atau data visual lainnya di samping hasil pencarian standar.

Hasil peta
Mesin pencari mengembalikan hasil peta untuk pertanyaan yang terkait dengan lokasi fisik. Penelusuran untuk layanan lokal juga dapat menghasilkan peta bisnis khusus berdasarkan lokasi pengguna—hasil ini juga dikenal sebagai paket lokal.

Hasil berita
Untuk pertanyaan terkait peristiwa terkini, mesin pencari seperti Google dan Bing menyusun bagian “Berita utama” yang menyoroti artikel dari outlet berita utama. Hasil ini muncul di laman hasil utama dan terpisah dari tab Google Berita di bagian atas laman. Menelusuri topik yang sedang tren juga dapat memberikan hasil media sosial yang menyoroti postingan populer.

  • SEO, Website
  • 0 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Apa faktor kunci yang menentukan peringkat di SERP?

Beberapa faktor peringkat dapat membantu Anda membuat halaman web yang berkinerja baik di SERPS....

5 cara mengoptimalkan website Anda agar mendapat peringkat di SERP

Tingkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat dengan mengoptimalkan konten dan kinerja...

Powered by WHMCompleteSolution