Mengapa Saya Mendapatkan Spam dan Bagaimana Mencegahnya?

Spam adalah masalah berkelanjutan yang merugikan bisnis dan individu miliaran hingga trilliunan Rupiah dalam waktu dan sumber daya yang hilang. Spam termasuk email komersial yang tidak diminta (Unsolicited Commercial Email/UCE) dan email massal yang tidak diinginkan lainnya.

Mengapa Saya Mendapat Banyak Spam?

Cara terbaik untuk menghentikan spam adalah dengan menghentikannya sejak awal. Untuk lebih memahami apa yang dapat dilakukan tentang menerima spam, penting untuk memahami bagaimana pelaku spam mengirim email dan mengapa mereka menargetkan satu alamat tertentu di atas alamat lain. Ada dua cara utama para pelaku spam memilih email mana yang akan dikirim:

  • Dictionary Harvest Attack: Dictionary Harvest Attack adalah saat pelaku spam mencoba menemukan alamat email yang valid dengan mengirim email secara acak ke nama kotak surat umum untuk suatu domain, seperti info@mydomain.com atau admin@mydomain.com. Anda dapat meminimalkan spam yang dihasilkan dengan cara ini dengan memastikan bahwa nama akun email Anda unik dan spesifik. Contoh: mycompany.admin@mydomain.com, mydepartment.info@mydomain.com
  • Pengambilan Email: Pengumpulan email adalah saat pelaku spam menggunakan sejumlah teknik untuk menemukan alamat email yang valid untuk tujuan pengiriman spam. Setelah email diambil dan diidentifikasi sebagai valid dan responsif, alamat email tersebut kemudian masuk dalam daftar spam. Daftar spam kemudian dapat diperdagangkan atau dijual secara massal, membuat alamat email tersedia untuk semakin banyak spammer seiring berjalannya waktu.

Dari kedua metode ini, pengambilan email jauh lebih merusak. Sebuah email yang diketahui aktif dan rentan terhadap serangan dapat diperdagangkan dan ditambahkan ke lebih banyak daftar, menghasilkan pengiriman ribuan pesan spam. Cara terbaik untuk menghindari menerima spam dalam jumlah besar adalah dengan tidak pernah ditempatkan di daftar ini sejak awal. Untuk melakukan itu, sangat membantu untuk mengetahui cara apa yang bisa dilakukan oleh spammer untuk mengambil alamat email Anda.

Bagaimana Spammer Mendapatkan Alamat Email

Sayangnya, ada banyak cara yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku spam untuk mencari tahu tentang alamat email Anda. Setelah alamat email diambil, itu akan ditambahkan ke daftar spam umum dan akan diperdagangkan atau dijual.

Berikut ini adalah daftar beberapa cara pelaku spam bisa mendapatkan alamat email tanpa Anda memberikannya secara langsung:

  • Anda memberikan alamat email Anda ke situs web, seperti ketika Anda mendaftar atau mengomentari sebuah kiriman, dan mereka memberikan alamat email Anda kepada pelaku spam (secara sengaja atau tidak sengaja). Situs web mereka juga dapat diretas melalui eksploitasi keamanan.
  •  
  • Anda mendaftar untuk milis dan lupa Anda mendaftar.
  • Anda mendaftar ke milis, dan mereka memberikan alamat email Anda (secara sengaja atau tidak sengaja) kepada pengirim spam.
  • Anda mengirim email ke seseorang, dan mereka meneruskannya ke orang lain yang mengambil email Anda.
  • Seseorang mengirimi Anda email yang juga dialamatkan ke penerima lain, dan mereka menggunakan TO atau CC, bukan BCC, membuat alamat email Anda terlihat oleh siapa saja yang menerima email (atau yang diteruskan email tersebut setelahnya). Penerima mana pun mungkin saja telah membuat email Anda tersedia untuk pengirim spam.
  •  
  • Anda menggunakan email Anda pada daftar diskusi yang mengungkapkan alamat email Anda kepada pengguna lain. Pengguna lain mana pun dapat mengambil alamat email Anda.
  • Alamat email Anda ada di kartu bisnis Anda (atau diposting di mana orang dapat menemukan), dan seseorang memutuskan untuk menambahkan Anda ke milis mereka tanpa izin Anda.

Meskipun Anda mungkin tidak memberikan alamat Anda secara langsung kepada pengirim spam, membuatnya tersedia dan publik membuatnya rentan bagi mereka.

Metode Lain dari Memanen Alamat Email

Orang-orang sering kali memberikan alamat email mereka secara sukarela tanpa sepengetahuannya atau membiarkannya begitu saja, tersedia untuk diambil oleh spammer. Spammer juga memiliki teknik yang lebih agresif dan invasif untuk mengumpulkan alamat email tanpa Anda pernah mempostingnya secara online:

  •  
  • Komputer Anda mungkin memiliki virus atau malware di dalamnya yang merekam penekanan tombol (yaitu semua yang Anda ketik), mengendus paket (yaitu membaca semua yang terjadi melalui koneksi internet Anda), atau langsung membaca akun email aktif dari perangkat lunak email populer.
  • Komputer atau stasiun kerja lain di jaringan atau grup kerja Anda mungkin terkena virus atau malware yang mengumpulkan alamat email dan informasi lain yang melewati jaringan.
  • Skrip di situs Anda dapat memiliki kerentanan keamanan yang memungkinkan peretas mengakses informasi di akun hosting Anda, termasuk alamat email Anda.
  • Karena email direlay dari server ke server hingga mencapai tujuannya, salah satu server yang dilewati email Anda mungkin telah menginstal software packet sniffing.
  • Penyedia layanan internet (ISP) Anda mungkin mengumpulkan email dan menjualnya.
  • Seorang peretas dapat menebak atau memperoleh informasi login panel kontrol hosting dan mengambil alamat email Anda dengan cara itu.
  • Pelaku spam mungkin menggunakan teknik canggih untuk mengidentifikasi kapan pesan spam telah dibaca, dan melihat pesan spam setelah diterima dapat mengonfirmasi bahwa alamat email Anda aktif.

Dan ini hanya beberapa cara pelaku spam bisa mendapatkan alamat email Anda.

Bagaimana Mencegah Spam

Tidak ada cara untuk benar-benar mencegah spam, tetapi berikut beberapa tindakan pencegahan yang dapat diambil untuk mengurangi kemungkinan pelaku spam mendapatkan alamat email Anda:

  • Berhati-hatilah dengan siapa Anda memberikan alamat email Anda. Ini termasuk situs web dan siapa pun yang mungkin Anda kirimi email.
  • Buat dan gunakan alamat email sekali pakai untuk mendaftar ke situs web atau layanan yang tidak benar-benar Anda percayai.
  • Pastikan untuk tidak membuka spam saat Anda menerimanya.
  • Pastikan komputer dan komputer di jaringan Anda bebas virus dan malware.
  • Pastikan situs web Anda bebas dari malware dan kerentanan keamanan. Jika Anda menggunakan skrip atau kode pihak ketiga di situs Anda, ini biasanya berarti menjalankan versi aman terbaru.
  • Gunakan kata sandi yang aman untuk email dan akun hosting Anda untuk mencegah peretas menebak dan masuk.
  • Jika teman Anda mengirimi Anda email yang dikirim ke daftar penerima yang besar, mintalah agar mereka menggunakan BCC sebagai ganti TO atau CC, sehingga penerima lain tidak dapat melihat alamat email Anda; atau minta mereka berhenti menyertakan Anda jika Anda tidak ingin menerima email.
  • Jangan daftarkan alamat email Anda di situs web Anda atau di mana pun publik dapat mengaksesnya.

Dengan menggunakan tindakan pencegahan ini, Anda dapat sangat mengurangi spam yang Anda terima dan mencegah sebagian besar spam terjadi.

Opsi Penyaringan Spam Gratis

Sayangnya, setelah pelaku spam mengetahui alamat email Anda, maka pilihan Anda untuk mencegah spam menjadi terbatas. Opsi pertama dan paling sangat disarankan adalah menyiapkan filter tingkat pengguna untuk secara otomatis merutekan email yang kemungkinan besar merupakan spam ke sampah atau ke folder tempat Anda dapat dengan cepat memeriksa email sah yang dirutekan ke sana secara tidak sengaja sebelum menghapus email secara massal.

NetComm menawarkan pemfilteran tingkat pengguna dan beberapa alat otomatis yang dapat membantu menghilangkan spam dari kotak masuk hosting web Anda. Opsi ini disertakan dengan setiap paket hosting cPanel dan gratis untuk digunakan. Untuk informasi tentang cara mengkonfigurasi dan menggunakan alat-alat ini, sebagai berikut ini:

  • Custom User Level Filters
  • Spam Assassin

Selain pemfilteran sisi server, banyak klien email pihak ketiga, seperti Outlook, memiliki pemfilteran spam tambahan di dalam program mereka. Menggunakan satu atau kombinasi dari opsi ini dapat membantu membersihkan spam yang Anda terima.

Mayoritas akun email yang terkena spam dalam jumlah besar tidak memiliki alat ini yang dikonfigurasi dan bisa mendapatkan keuntungan besar dengan menggunakan langkah-langkah ini terlebih dahulu.

Sikap NetComm tentang Spam

Kami di NetComm dapat meyakinkan Anda bahwa kami tidak akan memberikan, menjual, atau mengungkapkan alamat email dengan cara, bentuk, atau bentuk apa pun. Kami menghargai keamanan dan privasi pelanggan kami dan membenci spam seperti halnya Anda.

Selain sikap moral yang kami miliki terhadap spam, kami juga memiliki insentif finansial untuk mengurangi spam di jaringan kami karena spam menghabiskan sumber daya yang memerlukan biaya, seperti bandwidth, ruang disk, dan waktu administrator keamanan. Semakin banyak spam yang melewati sistem kami, semakin tinggi biaya kami. Dari sudut pandang bisnis, melakukan apa pun yang meningkatkan spam tidak masuk akal.

Meskipun Anda hanya memberikan alamat email Anda ke NetComm dan kami tidak mengungkapkan alamat email, pelaku spam masih dapat menggunakan metode yang tercantum di atas untuk mendapatkan alamat email Anda, yang semuanya di luar kendali kami.

  • 0 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Apa itu Spam?

Spam atau junk mail adalah pesan yang di kirim ke banyak tujuan dengan isi yang sama dan di kirim...

Bagaimana cara mencegah Spam?

Berikut ini beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi spam: Jangan...

Powered by WHMCompleteSolution