Mudahkah Anda Dicari Oleh Pasar Anda?

Lebih banyak mana - Anda dicari atau mencari pelanggan? Buatlah sedemikain rupa agar bisnis Anda MUDAH dicari oleh calon pelanggan Anda.

Salah satunya adalah melalui Bisnis Direktori Global, yaitu Situs pencari, karena ini adalah bagian yang tidak dapat dilupakan maupun sebagai tool pelengkap oleh seorang marketing dalam melakukan riset pasarnya, oleh sebab itu, Situs Pencari apa yang Anda gunakan untuk mencari informasi mapun sewaktu mau outsource suatu produk?

Saya yakin jawaban Anda, sebagai pembaca ezine saya kebanyakan menggunakan adalah google.com pertama dan kedua adalah yahoo.com atau sebaliknya karena kedua situs ini saling bersaing (sekalipun di Indonesia)

Kedua situs web ini sering membeli situs-situs pencari yang lain. Dalam suatu diskusi baru-baru ini, mereka mengatakan bahwa Google bakalan menjadi rajanya situs pencari, ibaratnya Microsoft raja dari OS di hampir semua PC hingga tahun ini).

Riset yang diperoleh bahwa rupanya Google mengirim traffic sebesar 70% dari semua traffic hasil pencarian ke hampir semua domain. Hal ini mencakup varian dari Google.com itu sendiri seperti Google Directory dan Google image (walaupun yg cari gambar tidak terlalu banyak). Google non Inggris juga membawa traffic yang lumayan seperti dari Indonesia, memang dari negara-negara berbahasa Inggris Google.com memberikan traffic yang besar seperti dari Inggris, Kanada dan Australia, menarik dalam hal ini situs pencari MSN dan Yahoo! berada di bawah Google.com.


Perbedaan tertinggi antara perbandingan hasil pencarian situs pencari itu pun mencakup semua portal pencari yang menggunakan database milik Google.com, seperti searchindonesia.com, iWon.com, dan Yahoo!.com. Sedangkan hasil pencarian yang berasal dari direktori Yahoo!.com itu sendiri hanya memberikan kontribusi traffic 14%.

Google... 74%
Yahoo... 14%
MSN... 9%
Ask... 2%
Situs Pencari lainnya ... 1%

Rupanya alasan utama mengapa Google.com menjadi yang terbesar adalah karena Google.com mau memberikan hasil pencarian yang GRATIS sejak awal.

Sedangkan sejak awal banyak situs pencari bermula dari model paid, dan kemudian masuk ke model iklan di jenis model iklan bayar per klik (PPC) atau sejenisnya.

Kemudian supaya industri ini digunakan oleh para pemasang iklan, maka mereka menggunakan strategi pengiklanan yang memunculkan situs web yang dipilih (bid) berdasarkan frase atau keyword tertentu yang mendekati kata atau frase yang diketikan oleh si pencari informasi.

Karena hal inilah akhirnya iklan banner berkurang dari halaman web hasil pencarian.

Itulah sebabnya mereka pun berupaya tidak kehilangan pengunjung mereka dan berupaya mencari jalan untuk membujuknya agar meng-klik sesuatu yang ujung-ujungnya duit (UUD) juga bagi mereka.

Walaupun memberikan hasil pencarian yang tidak relevan artinya sampah-sampah juga diberikan sehingga mau tidak mau si pencari informasi menggunakan frase yang lain untuk mendapatkan hasil pencarian yang relevan, sehingga mereka pun melihat lebih banyak iklan yang lain dan iklan PPC yg lain pula sehingga kemungkinan besar mereka akan mengkliknya, dan situs web yang iklannya diKLIK maka harus membayar ke portal situs pencari itu.

Persentase yang disebutkan di atas merupakan gambaran langsung dari relevansi pencarian yang diberikan oleh situs pencari. Maka semakin relevan suatu hasil pencarian, maka semakin besar kemungkinan mereka memberikan persentase traffic yang tinggi dan targeted ke situs web Anda. Maka coba lihat ini :

74% dari hasil pencarian Google.com:
Google menawarkan hasil pencarian lewat program PPC-nya sendiri, diluar banner, juga link ke Amazon dan link sejenis yang relevan dengan hasil pencarian. Itulah sebabnya para pencari info menyukai dan datang lagi untuk mencari hasil pencarian yang relevan.

14% dari hasil pencarian Yahoo.com:
Yahoo memiliki PPC milik yg telah dibelinya, juga link dari Amazon dan link sponsor, juga dari hasil pencarian di bagian: Yahoo! Shopping" yang ada di bagian bawah dari hasil pencarian, sambil berharap nanti Anda mau beli sesuatu!

9% dari hasil pencarian MSN :
MSN juga memiliki hasil pencarian PPC milik Overture, "Broaden your Search" link ke LookSmart, juga link "Shopping Results on MSN" dan link teks dari para sponsor yg dimunculkan di bagian bawah dari hampir semua halaman web-nya sehingga seolah-olah yang Anda cari hanyalah iklan mereka dan bukan info yang lain.

dari model presentase dan relevansi di atas nyata bahwa Google adalah leader-nya. Google.com memberikan hasil pencarian yang relevan dan tidak terlalu dipenuhi oleh iklan, link sponsor yang kurang relevan.

Dan bagi MSN kalau ingin menjadi leader ke depan, maka secara mereka mengembangkan teknologi search-nya, mereka juga harus buang iklan, sponsor, link ke jualan bukunya, link ke bagian shopping-nya dan jangan kasih kesempatan untuk memasukkan banner-banner lainnya!

Dan bagi YAHOO! yang sekarang punya tugas menumpuk, karena baru saja menggaet Inktomi, Overture (dan Overture sendiri baru menggaet Altavista dan Fast/AlltheWeb.com), memang diuntungkan karena memiliki teknologi paten yang terbaik dan ditantang untuk memberikan hasil pencarian yang relevan TANPA iklan banner, link ke bagian shopping, link ke bagian buku, serta banyak link sponsor, sehingga halaman pencarian terkesan semrawut.

Tetapi kalau ingin menampilkan sekaligus seperti modelnya Google.com, masih tetap oke kalau dimunculkan hasil pencarian PPC dari overture yang telah dibelinya.

Jadi sekarang tinggal hanya 3 TOP situs utk mencari informasi, yaitu Google.com Yahoo! dan MSN, dan Google yang sedang memimpin pasar!

Maka kalau iklan dan bisnis serta produk Anda dapat masuk di urutan 10 besar, maka Anda akan mendapatkan LEADs yang sangat quality?

Apakah Anda serius dalam hal ini?

Was this answer helpful?

 Print this Article

Also Read

Bagaimana Memilih Layanan Hosting yang Baik

Memilih penyedia jasa layanan hosting memang bukanlah sebuah keputusan yang sepele. Sekali anda...

Bagaimana Menggunakan Email Sebagai Branding Tool

Bagaimana Memilih Layanan Hosting yang BaikDalam artikel ini akan diperkenalkan kepada kita...

Definisi Website

Apa yang dimaksud dengan website ? Pada dasarnya Website adalah sebuah cara untuk...

Ingin Memiliki Website yang Menarik?

Kemudahan mengakses suatu informasi dalam berbagai aktivitas saat ini merupakan hal yang sangat...

Perlukah Usaha Anda akan Sebuah Situs Web?

Seorang pemilik sebuah toko barang elektronik yang cukup besar di pasar kota dan ramai dikunjungi...

Powered by WHMCompleteSolution