Memanfaatkan e-Commerce untuk Maksimalisasi Keuntungan

Siapa pun tahu bahwa Singapura adalah sebuah negara kecil yang tak memiliki sumber daya alam ataupun sumber daya manusia dalam jumlah besar. Namun, negeri pulau itu ternyata bisa menjadi eksportir terbesar hampir dalam segala jenis komoditas, mulai dari garmen, mesin, hingga produk pertanian.

Kunci sukses mereka adalah penguasaan akses pasar yang bagus sekaligus luas. Mereka mengenal dengan baik kebutuhan para konsumen di berbagai negara. Mereka juga tahu persis dari mana barang-barang yang dibutuhkan konsumen di mancanegara bisa didapat.

Satu hal yang pasti, keuntungan yang didapat eksportir Singapura itu bisa ratusan atau bahkan ribuan kali lebih besar dibanding yang diterima para petani di Indonesia plus keuntungan yang didapat eksportir Indonesia yang menjualnya ke Singapura.

Saat kita memulai usaha, kita harus sadar bahwa kita belum memiliki akses pasar. Tapi kita bisa mensiasati kelemahan itu dengan memperkenalkan diri melalui sebuah situs di internet. Dasar pemikirannya barangkali adalah: karena tak kenal siapa calon pembelinya, maka biarlah para pembeli yang mencari kita.

Kemudian kita juga bisa mendaftarkan situs kita ke situs-situs search engine yang ada. Alhasil, setiap kali konsumen ingin mencari situs tentang usaha kita, nama situs kita sudah pasti akan muncul. Hasilnya ternyata positif. Situs kita mulai dikunjungi calon pembeli dan tingkat kunjungannya akan meningkat.

Sebelum menerapkan hal tersebut, ada baiknya juga jika kita lebih dulu menguasai ilmunya. Harus disadari bahwa ada perbedaan besar antara berdagang lewat jalur internet dan berjualan di toko. Karena itu, ada baiknya jika kita terlebih dulu membaca buku Capturing Customer Dot Com sebelum mulai membuka situs perdagangan kita.

Dengan cara yang sangat gamblang, buku ini menjelaskan berbagai strategi yang harus ditempuh untuk menjual melalui dunia internet.

Langkah pertama adalah make a contact, lakukanlah kontak, lewat situs kita. Untuk itu, kita harus aktif mendaftarkan diri ke semua situs pencari.

Langkah kedua, harus ada langkah-langkah untuk mempertahankan kontak. Cara yang bisa ditempuh adalah dengan memperbarui isi situs kita secara terus-menerus. Sudah menjadi naluri semua orang untuk mencari hal baru, demikian kata beberapa praktisi bidang ini. Makin besar daya tarik dari hal baru yang kita sampaikan itu, akan makin besar keinginan mereka untuk melihat seluruh dagangan yang kita tawarkan.

Langkah ketiga adalah Anda harus menjamin value. Lewat situs kita, kita harus berani memberikan nilai tambah. Ini jelas memberi value tersendiri.

Kemudian yang keempat adalah pelihara hubungan. Ada berbagai aturan main yang harus diikuti dalam soal ini. Salah satunya adalah, seeing is believed, orang baru mau percaya jika sudah pernah melihat. Karena itu, pasang dululah gambar-gambar barang dagangan di situs kita. Memasang foto-foto dagangan kita akan lebih efektif ketimbang memasang daftar harga.

Mudah saja kan?

Was this answer helpful?

 Print this Article

Also Read

Ingin Memiliki Website yang Menarik?

Kemudahan mengakses suatu informasi dalam berbagai aktivitas saat ini merupakan hal yang sangat...

Fungsi Website Sebagai Alat Pendukung Promosi

Website adalah alat pendukung promosi, bukan alat promosi utama. Mengakses website dibutuhkan...

Bagaimana Memilih Layanan Hosting yang Baik

Memilih penyedia jasa layanan hosting memang bukanlah sebuah keputusan yang sepele. Sekali anda...

Bagaimana Menggunakan Email Sebagai Branding Tool

Bagaimana Memilih Layanan Hosting yang BaikDalam artikel ini akan diperkenalkan kepada kita...

Definisi Website

Apa yang dimaksud dengan website ? Pada dasarnya Website adalah sebuah cara untuk...

Powered by WHMCompleteSolution